Bagi SEO’er yang aktif memantau situs perusahaan / kliennya, dampak dari update Google biasanya akan mudah sekali dideteksi dengan melihat fluktuasi data di Google Analytics.
Dulu sewaktu meng-handle salah satu E-commerce di Indonesia, sekitaran bulan Juni kami mendapat custom alert Google Analytics bahwa organic visitor turun drastis. Setelah penelusuran ternyata pada bulan itu Google melakukan update algoritma dengan codename : Diversity Update.
Yup benar, langkah validasi pertama jujugan saya waktu itu, Google Analytics. Saya tidak akan membahas bagaimana kami mengatasi masalah itu di artikel ini, lebih ke bagaimana kita tahu bahwa situs yang kita manage terkena imbas dari update algoritma Google.
Artikel ini juga menjawab bagi praktisi SEO yang memegang website ‘limpahan’ dari pihak lain, karena tool ini bisa memeriksa secara historis dan mensinkronkan data kapan update algoritma terjadi dengan fluktuasi data pada Google Analytics.
Panguin Tool oleh Barracuda Digital
Deskripsi saya copy-paste-kan saja dari websitenya langsung.
“ A free SEO tool to help you investigate whether you’ve been impacted by Google’s algorithm updates. Technology brought to you by digital marketing agency Barracuda Digital.”
Link : Panguin Tool
1. Klik “Use for free” untuk memulai menggunakan Panguin Tool.
2. Pada halaman berikutnya, kamu akan diminta izin kepada Panguin Tool untuk mengakses data Google Analytics, klik saja “Izinkan”.
3. Pilih data yang ingin kamu hubungkan dengan Panguin. Pilih view sesuai kebutuhan, saya menggunakan all web site data karena mayoritas situs yang akan saya hubungkan pengunjungnya dari organic search.
4. Data Google Analytics kita akan terlihat di halaman selanjutnya. Disinilah inti dari Panguin Tool ini. Dalam contoh dibawah, website yang saya kelola ini mengalami 2 kali dampak signifikan karena update Google, pertama naik di bulan Maret 2019, kemudian turun drastis di Juni 2019.
Keterangan gambar:
- Bagian A : mengubah range tanggal data yang hendak dilihat.
- Bagian B : Penjelasan update Google manakah yang memberikan dampak, klik garis pada grafik guna memunculkannya.
Insight yang sangat menarik bukan? Kamu tidak perlu lagi meraba-raba dan mengira-ngira update apa yang menghantam / melambungkan visitor website kita.
Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan, adalah melakukan analisa mengapa update Google tersebut berimbas ke situsmu, dan tentu saja pikirkan juga solusinya.
To sum-up.
- Gunakan Panguin Tool untuk memeriksa histori situs apakah terdampak update algoritma Google atau tidak.
- Cocok sebagai langkah awal audit situs yang pernah di-manage pihak lain.
- Memberikan gambaran masalah apa yang dihadapi situs terkait dengan fluktuasi organic visitor.
- Note: pernah coba di GA360 namun tidak berhasil.